Ciri-Ciri IMEI HP Kamu diblokir dan Penyebabnya

Ciri-Ciri IMEI HP Terblokir

Ciri-Ciri IMEI HP Kamu diblokir dan Penyebabnya

Pada tanggal 18 April 2020, pemerintah mengeluarkan regulasi terkait peredaran ponsel Black Market (BM). Ponsel BM yang telah diblokir nomor IMEI-nya tidak dapat lagi mengakses jaringan 2G, 3G, 4G, maupun LTE. IMEI (International Mobile Equipment Identity), yang terdiri dari 15 digit angka unik, berfungsi sebagai pengenal perangkat elektronik pada jaringan seluler.

Setiap ponsel memiliki IMEI yang berbeda, berperan sebagai identitas yang mencakup informasi mengenai negara dan jaringan asal perangkat, garansi, operator, serta informasi penting lainnya. Sebelumnya, Indonesia pernah mengalami pemblokiran IMEI ilegal yang dilakukan oleh kepolisian sebagai upaya untuk mengurangi kerugian negara. Tindakan ini juga mencegah penggunaan perangkat dengan nomor IMEI ilegal sebagai alat komunikasi di dalam negeri.

APA ITU IMEI?

Nomor Identifikasi Peralatan Bergerak Internasional, atau IMEI, merupakan serangkaian 15 digit yang terdapat pada setiap perangkat ponsel, termasuk Android dan iOS. Untuk dapat digunakan di Indonesia, penting untuk memastikan bahwa IMEI pada ponsel telah didaftarkan di Kementerian Perindustrian (Kemenperin).

CIRI-CIRI IMEI TERBLOKIR

  • Sinyal Hilang

Kejadian paling sering terkait pemblokiran IMEI adalah kehilangan sinyal secara mendadak dan berkepanjangan. Langkah ini umumnya diambil oleh pemerintah untuk memutuskan akses jaringan seluler dari ponsel yang tidak terdaftar atau termasuk dalam daftar blacklist pemerintah. Dampak dari sinyal yang hilang membuat hp anda susah digunakan untuk mengakses internal.

  • Akses Jaringan Terbatas

Berdasarkan ketentuan dalam Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika (Permenkominfo) Nomor 1 Tahun 2020 tentang Pengendalian Alat dan/atau Perangkat Telekomunikasi yang Terhubung ke Jaringan Seluler Melalui Identifikasi IMEI, perangkat yang memiliki IMEI ilegal akan mengalami pembatasan akses jaringan.

  • Terdapat Tulisa No Service

Ketika sinyal mengalami gangguan, secara otomatis akan ditampilkan pesan “No Service” pada indikator sinyal iPhone Anda. Pesan tersebut akan tetap muncul bahkan setelah Anda melakukan pergantian penyedia layanan seluler. Situasi ini menunjukkan bahwa perangkat Anda tidak dapat terhubung ke jaringan seluler, meskipun telah mencoba mengganti penyedia layanan.

  • Tidak Terdaftar di Kemenperin

Pastikan keabsahan nomor IMEI perangkat Anda dengan memeriksanya melalui situs resmi pemerintah, seperti Kementerian Perindustrian Kemenperin dan situs resmi Direktorat Jenderal Bea Cukai.

Jika terdapat pemblokiran pada nomor IMEI ponsel Anda, ada dua opsi untuk mengatasi situasi tersebut. Opsi pertama adalah dengan mengajukan klaim kepada distributor resmi jika perangkat masih dalam periode garansi.

Alternatifnya, opsi kedua melibatkan pendaftaran IMEI perangkat melalui situs Bea Cukai. Anda dapat mengakses laman Bea Cukai, mengisi formulir pendaftaran IMEI ponsel, melengkapi semua data dan dokumen yang diperlukan. Setelah selesai, cukup klik tombol “Send”. Setelahnya, Anda akan menerima kode QR dan nomor registrasi, dan langkah selanjutnya adalah mengunjungi kantor Bea Cukai terdekat untuk meminta persetujuan.
 

PENYEBAB IMEI DIBLOKIR

Salah satu faktor utama yang menyebabkan pemblokiran IMEI adalah laporan kehilangan atau pencurian ponsel, yang kemudian dilaporkan kepada pihak berwenang. Saat ponsel diidentifikasi sebagai hilang atau dicuri, nomor IMEI akan dimasukkan ke dalam daftar hitam database, sehingga ponsel tersebut tidak dapat lagi menggunakan nomor IMEI tersebut. Selain itu, pemblokiran IMEI juga dapat terjadi apabila ponsel diperjualbelikan dengan cara ilegal atau palsu.

Ponsel yang diproduksi secara ilegal atau palsu cenderung menggunakan nomor IMEI tiruan atau ganda, yang dapat mengakibatkan pemblokiran nomor IMEI asli. Terdapat juga situasi di mana pemblokiran IMEI terjadi karena keterlibatan ponsel dalam kegiatan ilegal atau kejahatan. Kejadian semacam ini biasanya terjadi pada ponsel yang digunakan untuk aktivitas kriminal seperti penipuan atau pencurian. Pencatatan nomor IMEI dalam daftar hitam database merupakan langkah preventif untuk mencegah penggunaan ponsel yang dicuri atau hilang.

Post Comment